keajaiban Al Quran
keajaiban Al Quran

15 Keajaiban Al Quran dalam Kehidupan Nyata

Posted on

Keajaiban Al Quran – Kitab suci Al Quran adalah berisi firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam melalui perantara malaikat Jibril. Al Quran menjadi satu mukjizat terbesar Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam untuk menjadi petunjuk bagi manusia. Al Quran juga menjadi pengganti dari kitab suci-kitab suci sebelumnya seperti Taurat, Zabur, dan juga Injil.

Al Quran berfungsi sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Al Quran menjadi tuntunan kita menuju jalan kebenaran dan kebbaikan. Sudah banyak masalah yang solusinya ada dalam Al Quran. Inilah bukti bahwa Al Quran adalah berasal dari kalam Allah, bukan karya cipta manusia.

Sejak diturunkan berabad-abad yang lalu sampai sekarang, Al Quran tetap terjamin keasliannya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri yang memeliharanya. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surah Al-Hijr ayat 9; “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Alquran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.” Inilah salah satu fakta keajaiban Al Quran itu sendiri.

Keajaiban-keajaiban yang terdapat pada Al Quran, sudah banyak terbukti secara ilmiah, di samping segala sesuatu yang masih dirahasiakan Allah. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai bukti-bukti keajaiban Al Quran dalam kehidupan nyata, seperti apa yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala terangkan dalam Al Quran.

Makin dalam kita mendalami muatan Alquran, semakin banyak kesesuaiannya dengan ilmu pengetahuan dewasa ini. Banyak penemuan keilmuan pada abad-abad terakhir ini yang sebenarnya sudah dituturkan dalam Alquran. Sedangkan kita memahami bahwasannnya kitab suci pemeluk Islam ini sudah turun ribuan tahun sebelum dunia ilmu berkembang. Keadaan begitu bisa jadi fakta kalau Alquran bukan buatan atau karangan manusia. tetapi diturunkan langsung dari Allah melalui manusia yang agung, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

Bukti nyata dalam kehidupan tentang adanya keajaiban Al Quran antara lain:

Keajaiban Al Quran pada Penciptaan Manusia

Di dalam Alquran Allah menjelaskan tentang proses penciptaan manusia secara berurutan sebagaimana dijelaskan pada Surat Al-Mu’minun ayat 12-14 :

(12) Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah.
(13) Kemudian Kami menjadikannya air mani (disimpan) pada tempat yang kokoh (yaitu rahim).
(14) Kemudian dari air mani (nuthfah) itu Kami menjadikan sesuatu yang melekat, kemudian sesuatu yang melekat itu Kami menjadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu lalu Kami menjadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian, Kami menjadikannya makhluk yang (memiliki bentuk) lain. Mahasuci Allah, Pencipta yang paling baik.

Ayat-ayat pada Surat Al-Mu’minun tersebut telah menerangkan tentang bukti penciptaan manusia, akan tetapi banyak manusia yang tidak ingin membenarkan bukti Al-Quran tersebut dan menuding AlQuran dusta, sebab mereka meyakini bahwa manusia tercipta adalah hasil dari evolusi makhluk lainnya.

Keajaiban Al Quran tentang Fungsi Otak

Kita tentu telah memahami tentang fungsi dari otak. Salah satunya untuk pengatur gerak pada manusia. Ini merupakan suatu nikmat besar yang dianugerahkan Allah pada kita. Nyatanya, keadaan ini telah diterangkan oleh Allah di dalam Al-Qur’an jauh sebelum kita memahami dan juga mengetahuinya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berkata dalam Surat Al Alaq ayat 15-16, “Sekali-kali tidak! Sungguh, jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya (ke dalam neraka), (yaitu) ubun-ubun orang yang mendustakan dan durhaka.”

Maksud dari “ubun-ubun orang yang mendustakan lagi durhaka” pada ayat tersebut amat menarik. Riset yang dilakukan para ahli di tahun-tahun belakangan ini mengungkapkan kalau komponen prefrontal, yang bekerja menata fungsi-fungsi eksklusif otak, terdapat pada komponen depan tulang batok kepala.

Para ahli baru bisa mendapatkan fungsi komponen ini pada kurun waktu 60 tahun terakhir, padahal al-Qur’an sudah menyebutkannya 1400 tahun yang lalu. Bila kita amati komponen dalam tulang batok kepala, di komponen depan kepala, bakal kita temui otak besar atau yang disebut dengan frontal cerebrum.

Keajaiban Al Quran tentang Air Susu Ibu

Hasil penelitian para ilmuwan membuktikan bahwa waktu ideal bagi para ibu dalam menyusui anak adalah sekitar dua tahun atau kurang sedikit. Dari riset yang dilakukan terhadap anak-anak yang dikurangi waktu pemberian air susu ibu (ASI), ditemukan gangguan dalam kemajuan biologisnya. Sebaliknya juga dilakukan penelitian dengan memberi tambahan waktu pemberian ASI pada beberapa anak. Hasilnya memperlihatkan kalau anak yang ditambah waktu pemberian ASInya, akan didapati gangguan pada kemajuan biologisnya dengan terjadinya penimbunan beberapa materi ataupun zat pada sel badan yang tidak dapat dicernanya ataupun tidak dapat dikeluarkan.

Pemberian air susu ibu (ASI) pada anak adalah dasar buat kemajuan mereka, sampai mereka dapat tumbuh dengan cara alamiah. Waktu ideal menyusui adalah dua tahun ataupun kurang sedikit. Di mana waktu menyusui ini, tidak bisa dipercepat ataupun dikurangi, sebab dapat mengganggu kemajuan sebagian sel pada anak.

Sedangkan bila kita cermati Alquran, kita bakal mendapatkan petunjuk berhubungan waktu penyusuan anak ini pada Surah Luqman ayat 14. Allah berfirman: “…Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun…”

Kutipan “dalam usia dua tahun” membuktikan kalau penyapihan anak, yaitu diputusnya masa penyusuan anak oleh ibunya, dijalani dalam rentang dua tahun. Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pentingnya pemberian ASI pada anak yang dijalani kurang lebih selama dua tahun sejalan dengan petunjuk Alquran dan telah terbukti secara ilmiah.

Keajaiban Al Quran tentang Lapisan Atmosfer

Susunan atmosfer terdiri tujuh lapisan yaitu Troposfer, Stratosfer, Ozonosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionosfer dan Eksosfer. Hal ini telah diterangkan dalam Alquran dan pastinya ini menjadi salah satu keajaiban Al Quran dan juga bukti mengenai alam semesta yang telah jauh lebih-lebih dulu diterangkan dalam Alquran. Di dalam Alquran dikatakan bahwa langit itu terdapat tujuh lapisan. Bukan kebetulan penjelasan ini sejalan dengan penemuan para ilmuwan. Sudah menjadi kepastian dari Allah dan juga Allah lah yang menggerakkan para ilmuwan mendapatkan penemuan itu.

Sebagaimana diterangkan dalam surat Al Baqarah ayat 29: “Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untuk kalian kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu”.

Dan juga surat Fushilat ayat 12: “Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing…”

Leave a Reply

Your email address will not be published.